Sabtu, 06 Juli 2013

Wedding Review: Puspa Catering

Catering adalah vendor yang paling penting. I love Puspa from the very beginning, beneran. Gw tau sih review Puspa belakangan jelek-jelek. Ya katanya makanan rasanya ga stabil, lambat membersihkan piring kotor, marketing sombong. Jujur setelah bayar DP gw juga sempat khawatir. Pas TF sih oke semua ya, sesuai  yang kita inginkan, cuma banyak review bilang di hari H Puspa mengecewakan dan ga sesuai dengan harga yang udah dibayar. Gw pun mulai dag dig dug dan tiap bulan entah berapa kali gw googling review Puspa tapi Alhamdulillah gw nemu juga review beberapa orang yang baru aja pakai Puspa untuk resepsinya dan semuanya puas.

List kekhawatiran gw sebelumnya:
-          Makanan kurang
-        Makanan ga enak
-          Lambat dalam membersihkan piring kotor
-          Gubug ga dijagain yang bikin orang ngambil makanan semena-mena tapi ga diabisin
-          Gubug cepat habis
-          Dekor terlalu minim/ga menarik
-          Alat makan kurang

Dan lagi-lagi Alhamdulillah berdasarkan yang gw denger semuanya ga kejadian. Pas technical meeting kita udah wanti-wanti juga hal-hal di atas dan dijawab dengan orang Puspanya dengan tegas, kalo ga salah namanya Pak Cokro, “Oke, nanti sebelum acara, petugas-petugas catering-nya saya brief”. Fine, denger ngomongnya mantap gitu, kita jadi lebih tenang. Jadi menurut gw sih kuncinya di perencanaan yang matang ya, termasuk yang paling penting adalah menghitung jumlah undangan yang dateng, baik yang dikasih undangan fisik, facebook, twitter (tapi kalo gw sih berhubung ga punya twitter jadi ga ngundang lewat sono), sms, email, lisan, semuanya hitung dengan detail dan totalnya nanti bulatkan ke atas. Misal total undangannya 832, bulatkan jadi 850. Memang pasti ga 100% datang, tapi ingat juga akan ada tamu-tamu tak diundang dan akan ada juga yang 1 undangan bawa  1 keluarga. Jadi daripada kurang dan mengecewakan tamu yang udah bela-belain datang, mending makanannya nyisa. Kalau ada sisa kan gampang, tinggal disumbangin atau dibagi-bagiin ke panitia, tetangga, dan rumah sendiri :D Emang sih ngabisin duit, tapi kalo inget risiko makanan sampai kurang, gapapalah berkorban sekali ini.

Kita puas banget sama Puspa. Semua bilang enak-enak banget dan makanan ga habis-habis. Concern keluarga Ndut paling untuk coto makassarnya kuahnya kurang pas. Gw sih ga tau ya soalnya kuahnya ga makan, gw Cuma makan sisa jeroan yang ada di rumah. Lagian sejujurnya sih gw ga ngerti selera Makassar, hahaha. Beda sama lidah gw.

Untuk dekornya juga oke. Warna gubug soft pink – broken white. Mereka minta persetujuan kita dulu, oke ga kalau pakai yang seperti itu. Semuanya tergantung pilihan dan keputusan si capeng. Gw rasa catering lain juga gitu kok. Jadi jangan judge catering A, B, C dekornya sepi, kurang oke. Mending tanya dulu ke si pengantennya, itu request mereka atau catering-nya yang emang pilihannya terbatas. Kalau emang catering yang kurang oke sih gapapa, tapi kalau itu request si penganten kan kasihan catering-nya, dia dapat review yang kurang bagus dan orang yang baca bisa jadi mengurungkan niat buat contact vendor tsb. Untuk para capeng, tips dari gw jangan percaya 100% sama review (termasuk review gw). Kenapa? Karena kalau review sekarang kurang bagus, mungkin mereka sedang memperbaiki, jadi belum tentu pas acara lo juga kurang bagus. Selan itu, review itu kan subyektif ya, jadi bisa aja pendapat kita beda. Yang gw bilang bagus belum tentu bagus buat lo dan yang gw bilang kurang bagus belum tentu kurang bagus buat lo. Kadang juga ada permintaan khusus dari pengantin, jadi namanya juga vendor kan berusaha memenuhi keinginan customer.

Balik ke review resepsi yah. Untuk ice carving dikasih pilihan, mau inisial nama atau foto. Biar lcu kita pilih foto. Kita tinggal laminating fotonya dan kasih ke orang Puspanya pas hari H. Lalu untuk mempercantik dekornya, kita minta pakai tirai air, kaya waktu kita survey ke resepsi orang yang juga pakai Puspa di Pewayangan. B tw si Puspa ketat juga menjaga event vendornya. Pas survey ke resepsi orang itu kita cuma boleh keliling-keliling untuk lihat dekor dan makanannya, ga boleh icip-icip. Tempat icip-icip pas tf di Wisma Puspa atau kalau ada pameran. Kalau di gedung pas nikahan orang ga boleh, padahal kita pengen tau rasa makanannya kalo hari H. Yaudah deh, banyak-banyak berdoa aja kita waktu itu semoga rasanya enak. Eh eh tapi pas di resepsi itu alat makannya ada yang habis jadi tamu ada yang ambil alat makan dari gubug lain.

Untuk jumlah pesanan, karena estimasi tamu kita 1800 lebih, kita pesen makanan untuk 1900 orang. Berhubung ada juga yang diundang lisan dan belum ikut terhitung jadi kita naikkan porsi pesanan menjadi 1900 pax. Di akhir acara yang sampai lewat sampai jam 13.00 makanan masih tersedia (tapi karena udah jam segini, gubug mulai dibereskan). Sisa makanan cukup banyak karena yang dateng 1.700-an orang (info WO), bahkan gubug masih ada yang nyisa.

Kemungkinan karena kita banyak dessert dan camilan ya, hahahaa. Sesuai rencana kita sih untuk mengakomodasi orang-orang yang kalap di siang hari, apalagi yang datang dari jauh. Berikut ya detil susunan menu resepsi kita:


Yang warnanya merah pada menu adalah yang kita pernah revisi. Mohon maaf untuk harga tidak dicantumkan ya, hehe. Yang bisa gw tulis di sini harga buffet aja karena mengikuti harga gedung. Kita pilih menu A, harganya per porsi IDR 65.000. Kalau ada yang mau info detilnya untuk referensi contact via email aja ya ke rani.mariani@gmail.com. Nulis di comment juga boleh, jangan lupa cantumkan email, biasanya gw reply-nya langsung ke email tanpa update di comment.

Kekurangan Puspa ada juga sih, soalnya kita di awal-awal sempat miskom. Tapi berhubung mereka udah minta maaf dan setelahnya kasih excellent service, jadi gw ga mempermasalahkan itu. Selang sekitar 2 minggu setelah acara, mereka kirim email surat ucapan terima kasih dan ada permintaan maafnya ^_^

Will I use this vendor again for next event? Absolutely.

Oh iya, ini ada sedikit foto-fotonya. Sayang banget dokumentasi makanan ga begitu banyak :,( Ini beberapa di antaranya ya:

Saat persiapan:








Foto makanan: Buffet







Foto makanan: Gubug
Chicken Cordon Bleu - Chicken

Chicken Cordon Bleu - Potato Wedges

Chicken Cordon Bleu - Mix Vegetables

 Roti Jala Kare Sapi

Pasta & Potatoes


Middle East Lamb

Foto Makanan: Hawaian Corner (entah kenapa tulisannya ga dobel "i")






Seaweed Salad

Tropical Fruits

Foto Makanan: Dessert Round


Foto Makanan: Chocolate Fountain (Pink)








PIC: Mas Rachman, Mas Husni
Harga: PM aja yah ^^

37 komentar:

  1. Hallo,
    Boleh minta price list Puspanya via e-mail?
    Aku rencana di Pewayangan juga November ini :)

    ke Kembang_ Dwisari@yahoo.com

    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  2. Aku mau pakai puspa juga untuk November ini di Sasana Kriya TMII.. kalau boleh tau yang perlu dibawelin apa aja ya dari Puspa? aku juga sama mas Rachman.. BTW, miskom apa yang terjadi tuh? hehehe :) emailku ayu.ramadhan at gmail.com mau doong PL nya kamu untuk perbandingan... thanks yaaa

    BalasHapus
  3. Halo mba rani, foto makanannya menggiutkan bangettt. aku minta pricelist nya ke alamat emailku ya mba, aq_icha@yahoo.com
    Terimakasih mba sebelumnya..
    Semoga selalu memberi manfaat, amin..

    BalasHapus
  4. Dear Mbak Rani....
    Reviewnya keren abiss untuk pelayanan cateringnya...
    Lengkap dengan foto2 kerennya... hehehe... =D

    Mbak aku minta dikirimin juga dong pricelistnya...
    alamat emailku mr.hot.rich8@gmail.com

    Lagi cari referensi untuk catering pesta...

    Makasih ya Mbak Mariani buat bantuannya ... =)

    BalasHapus
  5. Salam kenal mba... aq mw jg donk PL puspita k email aq wulan150412@gmail.com
    Mksh mba...

    BalasHapus
  6. boleh minta PL'a mba??tolong kirim email ke sesa1988@gmail.com
    makasihh.,.,

    BalasHapus
  7. halo kalo nda keberatan bole donk dikirimin pricelist untuk puspa catering nya ke email limwilliam.22@gmail.com makasih sebelum nya..

    BalasHapus
  8. Boleh minta pl nya gak mba, annisarahayu22@yahoo.co.id
    Makasi sebelumnya

    BalasHapus
  9. Mba boleh minta PL nya? Ke hedhita@hotmail.com terimakasih

    BalasHapus
  10. Mba boleh minta PL nya jg ga? Kirim ke email aq yah wayan_suliani@yahoo.co.id. .
    Thanks mba

    BalasHapus
  11. Mbaa, boleh minta pricelist puspanyaa? Aku buat referensi nih hehe khikid.utami@yahoo.com makasih ya mba :)

    BalasHapus
  12. Aku juga minta PL doong... to: nuzuly.89@gmail.com ya..
    Tengkyu sissy....

    BalasHapus
  13. mba, boleh minta price list nya Puspa.. tolong email ke yunie.zen@gmail.com
    terima kasih :)

    BalasHapus
  14. mba aku minta PL-nya dong hehee, ke dy.dianty@yahoo.com. tengkyu mba

    BalasHapus
  15. Hai Mba Rani, kalau ada waktu tolong kirimkan PL nya dong mba ke ack.alin@rocketmail.com hehehe.. makasih mba Rani :)

    BalasHapus
  16. plnya dong mbakyu. thanks arna.lestari@gmail.com

    BalasHapus
  17. Hi mba Dinar, saya Ilung, foundernya KlubEvent - Portal online untuk melihat dan memberikan review vendor event/wedding. Saya sempat baca review mba untuk Puspa catering dan maw bertanya bila mba berkenan untuk memberikan short review catering ini dan vendor lainnya untuk ditampilkan di KlubEvent.com? Tentunya ini akan sangat membantu kawan-kawan yang sedang bingung dalam mencari vendornya. Klo berkenan tolong dikirim email ke ipranata@klubevent.com nanti saya kirimkan review formnya. Thanks :)

    BalasHapus
  18. salam kenal mba. minta di kirimin juga yah PL nya ke saras.murinda@gmail.com
    terimaaaaaa kasiiihhhh :*

    BalasHapus
  19. Hi mba,

    Saya Ivonne, cofoundernya KlubEvent.com – Komunitas online bagi para perencana event/wedding share review vendor event mereka. Saya sempat baca kalau mba sempat pakai Puspa Catering utk nikahnya dan ingin bertanya bila mba berkenan untuk memberikan review pendek untuk vendor ini dan ditampilkan di KlubEvent.com? Tentunya review mba akan sangat membantu kawan-kawan lain yang sedang bingung mencari vendor untuk wedding/event mereka. Kalau berkenan, tolong dikirim email ke ipratiwi@klubevent.com nanti saya kirim review formnya. Terima kasih.

    BalasHapus
  20. Mba minta PL nya bleh?? ke acarolina289@gmail.com
    terima kasiih

    BalasHapus
  21. Salam kenal mba...

    Mba boleh minta PLnya mba ke paulautthie@gmail.com

    Terima Kasih :)

    BalasHapus
  22. Hai mba Rani,

    Saya Runis Staff Marketing dari Puspa Catering.
    Terimakasih untuk reviewnya. walaupun eventnya sudah berjalan 2 tahun yang lalu tapi review ini sangan berarti untuk kami :)

    Untuk yang mau info lebih lanjut tentang Puspa Catering silahkan kunjungi website kami di www.puspacatering.com
    Atau hubungi kami di 021-7994761
    email langsung ke marketing@puspacatering.com juga boleh :)

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Halo mba bisa minta PL nya ke agustinanurlailaa@gmail.com .. makash

    BalasHapus
  25. Aku minta PLnya dong mba ke nendensadikin@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
  26. Aku minta PLnya dong mba ke nendensadikin@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
  27. Aku minta PLnya dong mba ke nendensadikin@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Btw boleh minta semua dong rincian pl vendor pernikahan yang kamu pakai. tolong krim ya k dananghersayoga@gmail.com

    BalasHapus
  30. Hai!! yuk datang dan survey gedung GRAHA ELNUSA, gedung termurah se jakarta selatan yang sudah all in package(gedung, catering, dekorasi, rias busana, photography, entertainment, WO, Wedding Car & MC) sudah full ac&karpet! gedung yang letaknya strategis di daerah jakarta selatan! banyak bonus yang ditawarkan juga loh. for more detail info call/wa : intan 087800160870

    BalasHapus
  31. dear capeng yang mau menikah tp bingung cari gedung HIS GRAHA ELNUSA hadir utk anda, dg ALL in package , NO RIBET, semua kita yg urus..kalian tinggal duduk manis, package include
    -GEDUNG
    -CATERING
    -DEKORASI
    -RIAS & BUSANA
    -PHOTO&VIDEO
    -PROMO CASHBACK!!
    -etc..

    luxury place with affordable price
    hub. marketing his 081319797403 (VISKA)

    BalasHapus
  32. Dear Calon pengantin yang mau menikah tp bingung cari gedung, HIS KLINK TOWER GRAND BALLROOM GATOT SUBROTO,Jakarta. hadir utk anda,
    dg ALL in package , NO RIBET, semua kita yg urus..kalian tinggal duduk manis, package include
    -GEDUNG
    -CATERING
    -DEKORASI
    -RIAS & BUSANA
    -PHOTO&VIDEO
    -WEDDING CAR
    -PROMO honeymoon MALDIVES!!
    -etc..

    luxury place with affordable price
    hub. marketing HIS 081319797403 (VISKA)

    BalasHapus
  33. Hallo calon pengantin, ada rencana menikah tapi masih bingung cari venue dan gak mau ribet?
    HIS Graha Elnusa (Jl. TB. Simatupang, Kav. 1B, Jakarta Selatan) menyediakan All in Package Wedding lho!
    Kamu gak perlu repot-repot cari vendor sana sini lagi karena kalian sudah dapat:
    - Fasilitas Gedung (Full karpet & AC)
    - Dekorasi
    - Catering
    - Rias & Busana
    - Entertainment
    - Photography
    - Tim WO 6 orang + MC
    - Mobil Pengantin Alphard
    BONUS: Exclusive Honeymoon 3D2N ke Bali dan FREE logam mulia 20 gr dan masih banyak bonus menarik lainnya juga lho!
    Untuk lebih lanjut hubungi INES 085887972972 sebagai Wedding Consultant kamu :)

    BalasHapus
  34. Sudah punya rencana nikah tapi masih bingung cari wedding organizer yang tepat? Kami dari HIS K-LINK TOWER GRAND BALLROOM kami sudah menyediakan all in package jadi anda tidak perlu repot cari vendor lain karena semua sudah kami yang handle.
    All in package include:
    - Gedung (FULL AC & FULL KARPET)
    - Catering
    - Dekorasi
    - Rias & Busana
    - Bridal
    - Entertainment
    - Photography
    - Wedding Organizer
    - Bonus (MC, WEDDING CAR, HONEYMOON KE JEPANG, LOGAM MULIA)

    For more info and detail:
    Marketing & wedding consultant
    Mira 083899440355 (WA)

    BalasHapus